Renstra Pemkab Bandung Targetkan Perbaikan Jalan Hingga 92 Persen

                                                  Bupati Bandung HM. Dadang Supriatna.

 Bandung PunyaBerita.Com - Jalan di Kabupaten Bandung yang sudah diperbaiki mencapai 85 pesen. Pemkav Bandung menargetkan jalan mantap hingga 92 pesen.

“Untuk saat ini luas dan panjang jalan di Kabupaten Bandung adalah 1.160 KM. Yang sudah diperbaiki dan sudah bagus sekitar 85 persen, sehingga target kita dalam Renstra (Rencana Strategis) sekitar 92 persen,” kata Bupati Bandung saat mengunjungi Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), Soreang, Kamis (22/7/2021).

Dalam proses pemeliharaannya, Dadang mengaku menemui sejumlah kendala, antara lain perubahan status dari jalan desa ke kabupaten dan kabupaten ke jalan provinsi.

“Tentu kami akan terus berkomunikasi, sehingga pemeliharaan jalan di Kabupaten Bandung tidak terjadi hambatan atau kendala. Salah satu contoh kendala terkait status jalan ini, yakni jalan yang menghubungkan Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari dengan Desa Kertamanah Kecamatan Pangalengan. Padahal jika jalan tersebut cepat diperbaiki, maka akan menjadi jalan alternatif yang mudah diakses warga” jelas Kang DS, sapaan akrabnya.

Tidak hanya memperbaiki kondisi jalan, pihaknya juga melakukan normalisasi serta revitalisasi sejumlah sungai di lima kecamatan. Kang DS menilai, hal tersebut sangat penting, mengingat masih belum jelasnya kebijakan dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

“Yang keduanya masalah irigasi, karena belum ada penegasan dan pemeliharaan secara konsisten dari BBWS Citarum. Memang ada sebagian tanggung jawab BBWS yang kita paksakan untuk bisa diperbaiki. Ini menjadi kebutuhan yang sangat penting di lapangan. Kami juga coba melakukan musyawarah dengan para pengusaha sekitar untuk gotong royong menyelesaikan masalah ini,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas PUTR Kabupaten Bandung, Agus Nuria menuturkan, dari 5.900 km infrastruktur jalan di Kabupaten Bandung, yang menjadi kewenangan pemerintah daerah sekitar 1.160 km.

“Kemudian ada juga kewenangan provinsi sekitar 800 km, kewenangan jalan desa 800 km, kemudian juga jalan lingkungan sekitar 3.000 km. Jadi jalan yang kami kelola hanya jalan kabupaten dengan panjang sekitar 1.160 km,” paparnya.

Agus juga mengakui, keberadaan pandemi covid-19 sangat berpengaruh terhadap pekerjaan infrastruktur dan tata ruang.

“Saat ini anggaran Dinas PUTR berkurang sampai 12,5 persen. Terdapat sejumlah kegiatan besar yang harus kami sesuaikan, karena anggarannya sangat terbatas. Kami berharap pandemi ini bisa segera berakhir. Jadi anggaran bisa kembali normal. Sehingga nanti pelayanan infrastruktur terhadap masyarakat juga akan maksimal,” pungkasnya.

Reporter :deddy

Editor :Beny

Posting Komentar

0 Komentar